Manfaat Asuransi Syariah

asuransi syariah
Asuransi Terbaik Indonesia - Manfaat asuransi syariah dirasa lebih menguntungkan dibandingkan dengan pola asuransi konvensional, belum lagi karena perbankan berbasis syariah artinya pengelolaan keuangan dilakukan dengan cara-cara yang menurut hukum agama Islam. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, tidak heran apabila asuransi syariah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan semakin banyak menarik minat nasabah. Asuransi syariah dijalankan atas dasar saling membantu antar nasabah dalam bentuk investasi aset dengan pola pengembalian dana ketika ada resiko tertentu yang sesuai dengan ketentuan di dalam hukum syariah, di antaranya adalah dengan tidak mengenal sistem bunga. Jadi apa saja manfaat asuransi syariah ini?

Pelayanan yang berkelanjutan
Pada asuransi yang berbasis syariah, Anda diharuskan untuk tetap membayarkan biaya premi secara rutin yang sebenarnya lebih dianggap sebagai titipan dana karena bisa dikembalikan kepada nasabah meski belum jatuh tempo masa asuransinya. Apabila Anda mengalami keterlambatan dalam pembayaran titipan dana ini maka pelayanan asuransi akan tetap bisa Anda nikmati apabila terjadi resiko-resiko sesuai dengan ketentuan polis. Jadi terlambat untuk melaksanakan kewajiban tidak otomatis menghilangkan hak Anda untuk mendapakan pelayanan dari asuransi syariah.

Lebih menguntungkan dibandingkan deposito
Menyetorkan dana investasi ke bank untuk deposito memang merupakan cara investasi yang cukup menguntungkan di samping resikonya yang lebih rendah dibandingkan bentuk investasi lainnya (lihat juga: Asuransi Syariah Terbaik). Tetapi bunga yang Anda dapatkan pada deposito secara umum lebih rendah dibandingkan dana bagi hasil dalam mekanisme asuransi syariah. Dana yang akan dikembalikan kepada Anda bisa lebih besar dibandingkan tabungan deposito berikut dengan bunganya.

Konsep tolong menolong
Konsep yang berlaku pada asuransi konvensional adalah sistem jual beli di mana Anda membeli produk asuransi kemudian membayarnya dengan pembayaran premi secara rutin. Beda dengan asuransi berbasis syariah yang menggunakan asas tolong menolong di mana perusahaan asuransi bukanlah pemilik dana melainkan hanya sebagai pengelola dan penyalur dana. Nasabah akan menyetorkan sejumlah dana ke perusahaan asuransi dalam bentuk hibah yang akan dikelola dan disalurkan kepada nasabah lain yang membutuhkan dana tersebut ketika terjadi resiko. Perusahaan asuransi tidak punya hak menggunakan dana yang disetorkan oleh nasabah untuk digunakan demi mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, tanpa ijin dari nasabah.

Lebih jelas untung dan ruginya
Sebelum akad atau sepakat untuk bergabung dengan asuransi syariah, perusahaan akan menjelaskan kepada Anda segala untung dan juga ruginya mengambil jenis asuransi berbasis hukum Islam ini. Dan segala kebijakan perusahaan akan didiskusikan kepada pemilik dana agar hasilnya bisa menguntungkan segala pihak. Perusahaan juga bukan perusahaan dengan basis mencari keuntungan sehingga segala operasional berpihak kepada nasabah, bukan kepada perusahaan. Itulah dia beberapa keuntungan dengan menggunakan jasa perusahaan asuransi berbasis syariah untuk mengelola dana investasi Anda.